6 cara merawat baterai smartphone agar tetap awet


cara-merawat-baterai-smartphone-agar-awet
cara merawat baterai smartphone agar awet

SmartTeknoku-Smartphone yang anda miliki saaat ini semakin hari memiliki segudang fitur yang mempuni bahkan super canggih. Semua smartphone yang anda  miliki kerap juga mempunyai layar luas dan kerapatan piksel tinggi dan warna sangat cemerlang. Selain itu anda juga banyak menginstall program baru ke smartphone yang bukan merupakan program bawaannya. 3 hal inilah yang memaksa konsumsi energy baterai lebih banyak dan membuat baterai smartphone tidak bertahan sepanjang hari, kecuali bagi kita yang membeli smartphone dengan kapasitas beterai yang cukup besar. Dengan semakin cepat habisnya energy baterai pada akhirnya membuat masa hidup baterai anda tidak bertahan lama. Nah melalui kesempatan ini saya ingin berbagi cara merawat baterai agar tetap awet. Mari  simak 6 cara di bawah ini.

1. Persingkat waktu pengecasan

Cara yang paling efektif merawat baterai anda adalah lakukan pengecasan ketika anda mematikan smartphone. Dengan mematikan smartphone pada saat pengecasan, akan mempersingkat waktu pengecasan dan akan membuat baterai kita terawat dengan baik. Lakukan pengecasan dimana smartphone di matikan ketika anda tidak dalam kondisi menunggu telephone penting. Lakukan pengecasan di waktu waktu malam atau setelah anda pulang dari tempat bekerja.

2. Hindarilah gonta ganti sim card

Cara ke dua yang bisa anda lakukan untuk merawat baterai agar tetap awet  yakni hindari gonta ganti  sim card. Saat  smartphone  anda dimatikan dan di nyalakan ulang maka  smartphone akan memuat sistem smartphone dan melakukan pencarian sinyal operator. Bukan hanya melakukan  pencarian ulang sinyal namun smartphone anda akan mengaktifkan semua fitur dan aplikasi yang ada di smatphone. Hal ini membutuhkan daya yang cukup besar. Jadi untuk semua pembaca yang budiman hindarilah gonta ganti sim card.

3. Matikanlah mode getar dan lampu layar

Cara yang ketiga  dalam merawat baterai smartphone agar awet adalah matikan mode getar dan lampu layar samrtphone anda. Jika berada di dalam ruangan bisa di pastikan anda dapat mendengar bunyi dering ponsel dengan jelas. Tak ada salahnya mematikan vibrator. Begitu juga dengan lampu latar sebisa mungkin diatur agar tidak aktif pada siang hari. Dengan mematikan mode getar dan lampu layar setidaknya anda sudah merawat betarai smartphone agar tetap awet. Baterai yang awet sudah pasti akan memberikan keuntungan bagi anda sebagai pengguna smartphone.

4. Hindari penggunaan fitur yang tidak berguna

Cara ke empat untuk merawat baterai smartphone agar tetap awet yaitu  hindarilah penggunaan fitur smartphone yang tidak berguna dan tidak terpakai.  Seringkali anda mendowload aplikasi yang tidak terlalu bermanfaat bagi anda sendiri. Mungkin karena trend atau pengaruh dari teman, anda menginstall apalikasi namun anda tidak paham kegunaan aplikasi tersebut. Nah sebaiknya anda membuang aplikasi tersebut. Dengan membuang aplikasi tersebut akan meringgankan kinerja smartphone khususnya baterai. Selain apilikasi yang tidak berguna, pemakaian wifi dan flas kamera di siang hari juga akan mempengaruhi kenerja smartphone dan baterai anda.

5.Setel moda network yang sesuai

Cara ke kelima yang  bisa anda lakukan dalam merawat baterai smartphone agar tetap awat adalah sesuaikan  moda network smartphone  anda. Smartphone 4 G umunya memiliki pilihan setting jaringan GSM, dual mode,3 G dan 4 G only. Bila kita tidak sedang menikmati fasilitas 4G, di sarankan untuk menggunakan mode GSM saja. Dengan menyetel sesuai dengan moda yang efektif secara tidak sadar anda sudah merawat baterai smartphone anda agar tetap awet.

6. Jangan biarkan baterai bebar-benar habis

Untuk cara keenam merawat baterai smartphone agar tetap awet adalah jangan anda biarkan baterai benar-benar habis. Anda harus memperhatikan jenis baterai smartphone yang anda miliki. Jenis baterai lithium ion dan lithium polymer adalah dua jenis baterai yang berbeda dan tentunya untuk pengisan daya juga berbeda pula. Usahakanlah  waktu pengecasan baterai sebaiknya tidak menunggu baterai habis. Jika smartphone anda memberikan  peringatan baterai mulai lemah, sebaiknya   segera mengisi daya baterai smartphone yang anda miliki.

Demikianlah 6 cara sederhana merawat beterai smartphone agar tetap awet. Terapkanlah 6 cara sederhana ini dan beterai anda  akan tetap awet ketika di gunakan serta dapat menjaga kondisi baterai tetap baik serta tidak cepat drop. Bijaklah dalam memperlakukan smartphone anda. Sukses selalu dan semoga bermanfaat bagi semua pembaca yang budiman.


0 Response to " 6 cara merawat baterai smartphone agar tetap awet"

Posting Komentar