Cara Mudah Memperbaiki Power Supply Yang Rusak

Cara Mudah Memperbaiki Power Supply Yang Rusak - Power supply merupakan komponen perangkat elektronik yang berfungsi sebagai penyedia arus bagi komponen lainnya. Tanpa adanya power supply sebuah perangkat elektronik tidak akan bisa menyala. Karena fungsinya yang sangat penting inilah, Kamu harus tahu bagaimana cara memperbaiki power supply. Tujuannya tentu saja agar Kamu bisa memperbaikinya sendiri ketika tiba-tiba terjadi kerusakan.



Jika Kamu mengetahui cara memperbaiki power supply, Kamu tak perlu menunggu teknisi datang ketika komputer mengalami kerusakan. Dengan demikian, aktivitasmu tak perlu terhambat terlalu lama. Belum lagi masalah biaya servis yang bisa Kamu tekan jika bisa melakukan semuanya sendiri.

Secara umum, cara memperbaiki power supply ada dua cara, yaitu dengan mengganti power supply dengan yang baru atau melakukan rekondisi. Kedua cara ini lebih cepat dan mudah dibanding harus membongkar susunan power supply  yang terbilang rumit.

Tanda-tanda komputer mengalami kerusakan power supply

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai cara memperbaiki power supply, ada baiknya jika Kamu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri PC yang mengalami kerusakan power supply. Hal ini ditujukan agar Kamu tidak salah sasaran saat melakukan reparasi. Bisa saja yang rusak bukanlah power supply, melainkan tombol power atau bisa juga masalah pada monitor.

Ciri-ciri sebuah PC mengalami kerusakan power supply antara lain:

1. Komputer mati total

Fungsi utama dari power supply adalah untuk mengalirkan daya ke komponen lainnya sehingga komputer akan mati total jika power supply mengalami kerusakan. Untuk memastikannya, Kamu bisa menekan tombol power beberapa kali. Jika masih tidak menyala, coba periksa sambungan daya, apakah ada kabel yang terkelupas atau tidak. Periksa juga kondisi stop kontak. Jika stop kontak dan kabel aman, berarti kemungkinan besar kerusakan ada pada power supply.

2. Komputer sering restart

Komputer yang restart sendiri bisa dikatakan wajar jika memang pada saat itu terlalu banyak task yang dikerjakan komputer. Namun, hal ini bisa menjadi indikasi kerusakan power supply jika terjadi terlalu sering. Jenis kerusakan power supply yang menyebabkan komputer restart otomatis adalah adanya masalah pada pemasangan power supply, arus yang tidak stabil karena power supply mengalami kerusakan komponen atau power supply terlepas.

Secara keseluruhan, komputer sering restart bisa dikatakan sebagai indikasi awal power supply akan segera rusak. Pada saat seperti ini, Kamu sebaiknya mengamankan seluruh data penting karena tidak selang lama komputer akan segera mati total.

Cara memperbaiki power supply sendiri di rumah

Tidak butuh keahlian mumpuni untuk mempraktekkan cara memperbaiki power supply. Yang Kamu butuhkan hanyalah kemampuan dasar kelistrikan seperti menyambung kabel, mengetes arus daya dan ketrampilan menyolder. Beberapa langkah sederhana yang bisa Kamu lakukan sebgai cara memperbaiki power supply antara lain:

1. Memastikan tidak ada kabel power supply yang rusak atau terlepas.
2. Bukalah kotak power supply dan lihat di dalamnya. Jika sekering dalam kondisi baik, lanjutkan langkah selanjutnya.
3. coba pakai stabilizer dan kurangi penggunaan perangkat elektronik (cabut mouse, headphone dan keyboard). Jika komputer tetap tidak bisa menyala setelah langkah ini, lanjutkan ke langkah selanjutnya.
4. cek transistor daya, resistor dan kapasitor pada power supply. Jika komponen ini berada dalam kondisi baik, maka Kamu perlu memeriksa sambungan power supply ke CPU.
5. Jika semua langkah telah Kamu lakukan namun sumber kerusakan belum diketahui, maka saatnya power supply diganti dengan yang baru atau rekondisi.


Itulah tadi cara memperbaiki power supply tanpa bantuan teknisi. Jadi, jangan terburu-buru menghubungi teknisi karena Kamu juga bisa memperbaikinya dengan sangat mudah. Sekian buat semua sobat smartteknoku.com, semoga pembahasan di atas cukup bermanfaat. jika berkenan saya mau minta batuan sobat semua untuk share tentang pembahasan di atas. oke selamat mencoba memperbaiki power supply yang rusak. salam hangat untuk semuanya.

0 Response to "Cara Mudah Memperbaiki Power Supply Yang Rusak"

Posting Komentar