Panduan Lengkap Langkah-Langkah Menggunakan Mesin Printer Yang Baru Dibeli

Panduan Lengkap Langkah-Langkah Menggunakan Mesin Printer Yang Baru Dibeli - Saat ini hampir setiap kegiatan belajar mengajar maupun pekerjaan menuntut penggunaan printer. Tulisan atau gambar yang dicetak menggunakan printer memang terlihat lebih rapi dan jelas dibandingkan tulisan tangan. Proses pengerjaannya pun lebih cepat sehingga lebih efisien dari segi waktu. Namun, tak semua orang tahu langkah-langkah menggunakan mesin printer yang baik dan benar sehingga printer menjadi cepat rusak.

panduan lengakap menggunakan printer pertama kali di beli


Selain menimbulkan kerusakan, langkah-langkah menggunakan mesin printer yang salah juga akan berimbas pada hasil cetakan yang kurang sempurna. Salah satu kesalahan pengoprasian printer yang berujung pada kegagalan cetak adalah “lupa membuka infus tinta”. Jika hal ini dibiarkan, tinta akan menyumbat dan hasil cetakan tidak bisa terlihat jelas.

Langkah-langkah menggunakan mesin printer yang baru dibeli

Langkah-langkah menggunakan mesin printer yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menginstalasi perangkat komputer yang akan disambungkan ke printer. Untuk melakukan proses instalasi, ada dua metode yang bisa diterapkan.

 Metode awal adalah dengan menginstal melalui penyimpanan eksternal (flask disk atau CD) sedangkan media kedua adalah menginstall software langsung dari perangkat printer (fitur ini hanya tersedia pada jenis printer tertentu).

Cara menginstall melalui penyimpanan eksternal

1. Pertama, hubungkan kabel pada printer. Setelah itu, hubungkan kabel printer pada arus listrik.
2. Hubungkan kabel USB yang menghubungkan printer dengan perangkat yang akan diinstall software printer.
3. Tekan tombol power pada printer.
4. Sambungkan perangkat eksternal yang berisi data software dengan komputer.
5. Cari file berekstensi .exe lalu jalankan (untuk lebih jelasnya baca buku manual).
6. Ketika ada pertanyaan agreement, centang bagian yang menyatakan bahwa Anda setuju dengan semua ketentuan, lalu klik nex.
7. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengeklik “next” atau “selanjutnya” dan tunggu hingga keluar tombol “finish” atau “selesai”. Setelah proses ini, printer sudah terhubung dengan komputer Anda.

Cara menginstall melalui sambungan USB printer

Langkah instalasi dengan metode ini jauh lebih mudah. Anda hanya perlu menyambungkan kabel USB pada printer dengan komputer. Instalasi program akan keluar dengan sendirinya dan Anda hanya perlu menekan tombol install. Setelah itu, ikuti instruksi yang tertera hingga proses instalasi selesai.

Langkah-langkah menggunakan mesin printer yang sudah terhubung dengan komputer
Jika printer sudah terhubung dengan komputer, Anda tidak boleh langsung menggunakannya. Anda harus melakukan test print dan cleaning terlebih dahulu. Cleaning adalah langkah-langkah menggunakan mesin printer yang bertujuan untuk memastikan kualitas cetak.

Cara melakukan test print dan cleaning adalah dengan melakukan double klik pada shortcut yang muncul di desktop setelah proses instalasi selesai. Carilah menu cleaning dan klik print. Setelah itu, akan muncul peringatan agar Anda memasukkan kertas terlebih dahulu. Jika kertas sudah dimasukkan, klik “ok” dan tunggu proses cleaning selesai.

Setelah hasil cetak dirasa sudah pas, Anda bisa mulai menggunakan printer. Langkah-langkah menggunakan mesin printer yang benar adalah dengan memasukkan kertas terlebih dahulu. Setelah itu, cari dokumen yang akan di print. Buka dokumen yang akan di print lalu klik menu file-print. Anda juga bisa menggunakan menu singkat CTRL+P untuk mulai mencetak dokumen aktif.

Jika Anda menggunakan printer tipe inject, jangan lupa membuka tutup tinta sebelum memulai langkah-langkah menggunakan mesin printer. Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan adalah ketersediaan tinta. Selalu pastikan tinta dalam keadaan cukup sebelum mulai mencetak dokumen agar hasil cetakan tidak terlihat memudar.

Sekian panduan yang bisa kami bagikan bagi sobat semua jangan lupa baca juga Tips memilih printer yang bagus.

0 Response to "Panduan Lengkap Langkah-Langkah Menggunakan Mesin Printer Yang Baru Dibeli"

Posting Komentar