Cara Mudah Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi Tanpa Bantuan Tukang Servis

Cara Mudah Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi Tanpa Bantuan Tukang Servis - Kebanyakan orang akan merasa panik ketika layar ponsel kesayangan tidak bisa digunakan. Hal ini sebenarnya sangat wajar karena ketika layar sentuh tidak berfungsi, maka sama artinya smartphone tidak bisa digunakan sama sekali mengingat kebanyakan ponsel saat ini menggunakan layar sentuh dan tidak dibekali dengan keypad manual.

Sebenarnya, Kamu tak perlu terburu-buru membawa ponsel ke tukang service ketika layar sentuh tidak berfungsi. Kamu bisa mencoba memperbaikinya sendiri sebelum memutuskan membawa ponsel ke tukang reparasi.



Cara mengatasi layar sentuh tidak berfungsi pada smartphone

Ada beberapa cara mengatasi kerusakan layar smartphole yang bisa Kamu lakukan. Sebaiknya, cobalah cara berikut satu per satu karena pada umumnya tingkat kerusakan smartphone berbeda beda.

1. Coba matikan smartphone beberapa detik
Layar sentuh tidak berfungsi bisa jadi dikarenakan system error. Jika hal ini yang terjadi pada ponsel pintar Kamu, sebaiknya matikan dulu ponsel dalam beberapa detik, kemudian hidupkan kembali. Jika keadaan masih tetap sama, coba lepaskan baterai beberapa detik, pasang kembali, lalu hidupkan.

2. Lepaskan memory card
Adanya virus atau kerusakan pada memory card juga bisa mengakibatkan layar sentuh tidak berfungsi. Untuk mengatasi kerusakan jenis ini, Kamu bisa melepas kartu memori lalu menyalakan handphone tanpa memory card di dalamnya. Jika hanphonemu kembali normal, coba lakukan format pada kartu memori tersebut sebelum menggunakannya kembali.

Selain memory card, kartu SIM yang error juga bisa memengaruhi kinerja layar sentuh smartphone. Oleh karena itu, coba juga melepaskan kartu SIM selain melepas kartu memori.

3. Pembaharuan OS
Pembaharuan OS bisa menjadi solusi ketika ponselmu tiba-tiba tidak bisa digunakan. Hal ini mungkin terjadi karena ada data sistem yang corrupt atau rusak. Sebenarnya, ada dua pilihan yang bisa Kamu lakukan, yaitu downgrade dan upgrade. Namun, upgrade sistem lebih disarankan untukmu.

4. Membersihkan layar smartphone
Layar sentuh tidak berfungsi terkadang juga disebabkan oleh debu yang menempel pada layar sehingga mengurangi sensitivitas. Oleh karena itu, Kamu bisa mencoba membersihkannya dengan menggunakan isopropil alkohol. Gunakan kuas kecil untuk membersihkan agar debu bisa terangkat sepenuhnya. Pastikan Kamu mematikan ponsel sebelum memulai proses pembersihan.

5. Hard reset
Cara terakhir dan paling pamungkas untuk mengatasi layar sentuh tidak berfungsi adalah dengan melakukan hard resert. Hard resert merupakan proses mengembalikan ponsel seperti kondisi baru. Konsekuensi yang harus Kamu tanggung adalah kehilangan semua data yang ada pada ponsel.

Cara melakukan hard reset pada masing-masing ponsel berbeda. Namun, yang paling umum adalah dengan menekan tombol volume bawah  dan power secara bersamaan sampai keluar beberapa menu pilihan. Setelah menu muncul, pilihlah menu format factory atau kembalikan ke pengaturan pabrik dengan menggunakan tombol volume yang ada di samping smartphone. Tunggu sejenak hingga semua proses selesai (biasanya memakan waktu beberapa menit).

Setelah semua proses selesai, cek apakah layar sentuh sudah bisa digunakan atau belum. Jika belum, berarti ponselmu perlu dibawa ke tukang servis dan harus diganti dengan layar sentuh yang baru. Namun, jika layar sentuh sudah bisa gunakan Kamu hanya perlu setting kalibrasinya saja. Cara mengkalibrasi smartphone bisa Kamu baca di buku manual karena masing-masing smartphone memiliki langkah kalibrasi yang berbeda.


Itulah tadi beberapa cara mengatasi layar sentuh tidak berfungsi tanpa bantuan tukang servis. Cara diatas hanya berfungsi jika layar sentuhmu rusak bukan karena terjatuh, terkena air atau pecah.

baca juga :

Cara Mengatasi Hasil Rekaman Video di HP Android Tidak Bersuara

5 Cara Menghilangkan Goresan di Smartphone

0 Response to "Cara Mudah Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi Tanpa Bantuan Tukang Servis"

Posting Komentar