Tips Membeli Earphone Murah Berkualitas

Tips Membeli Earphone Murah Berkualitas - Saat ini, pasar gadget di indonesia semakin beragam. Banyak produsen yang berlomba-lomba menawarkan gadget dengan berbagai model dan kualitas. Tak jarang pula, gadget yang dijual dilengkapi dengan earphone demi membidik para remaja penggemar musik. Namun, sayangnya earphone yang disertakan biasanya memiliki kualitas rendah sehingga banyak konsumen yang mencari earphone murah berkualitas meski sudah memiliki earphone bawaan gadget.



Mencari earphone murah berkualitas sebenarnya tidaklah mudah karena barang berkualitas biasanya dibandrol dengan harga mahal. Namun hal ini bukan berarti Kamu tidak bisa mendapatkan earphone berkualitas dengan budget minim. Kamu bisa mendapatkan earphone murah berkualitas jika mengikuti beberapa tips berikut ini.

Tips memilih earphone murah berkualitas berdasarkan fisik

1. Kenali jenis earphone

Kualitas sangat terkait dengan kenyamanan yang akan Kamu dapat ketika memakainya. Oleh karena itu, Kamu juga harus mengetahui jenis earphone agar apa yang kamu beli sesuai dengan apa yang Kamu inginkan.

Jika dilihat dari bentuknya, earphone terbagi menjadi dua kategori, yaitu earbud dan IEM (in-ear monitor). Earbud adalah earphone standar yang biasa disertakan pada produk smartphone. Sedangkan IEM adalah earphine dengan ukuran yang kecil sehingga dapat masuk ke lubang telinga. Bagian ujung IEM dilapisi dengan karet elastis sehingga mampu meredam noise. Karena alasan inilah, jenis IEM lebih banyak diincar oleh para peminat earphone murah berkualitas.

2. Pilih merk

Agar mendapatkan kualitas tinggi, Kamu juga harus memilih earphone bermerk. Merk-merk yang direkomendasikan antara lain Philips, Samsung, Beats dan Sennheiser.

3. Lupakan Produk KW

Jika Kamu menginginkan earphone murah berkualitas, jangan pernah membeli produk KW. Akan jauh lebih baik jika Kamu membeli produk yang memang dijual dengan harga murah dibandingkan membeli produk mahal namun dihargai murah karena barang KW. Hal ini dikarenakan produk KW hanya bagus pada penampilannya saja, sedangkan kualitas komponen di dalamnya seringkali tidak diperhatikan.

Tips Memilih earphone murah berkualitas berdasarkan spesifikasinya

1. Rentang Frekuensi Lebar
Earphone yang berkualitas memiliki rentang frekuensi lebar. Rentang bawah menunjukkan bas sedangkan rentang atas menunjukkan treble. Semakin kecil rentang bawahnya, semakin baik pula earphone tersebut mengeluarkan suara bas. Sebaliknya, semakin besar rentang atasnya, maka semakin baik suara treble-nya.

2. Sensivity

Sensivity diukur dengan ukuran dB. Semakin tinggi angka dB maka semakin keras suara yang bisa dihasilkan oleh earphone. Umumnya, orang akan memilih nilai dB yang tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu rendah agar mengeluarkan suara yang pas di telinga.

3. Kabel

Ada dua macam kabel yang digunakan oleh earphone, yaitu single side dan double side. Earphone dengan single side umumnya lebih rapi dan praktis. Namun, jika menginginkan kualitas, earphone double side lebih disarankan.

Setelah menemukan earphone murah berkualitas yang dirasa paling tepat, ada satu langkah lagi yang harus Kamu lakukan. Kamu perlu melakukan burn in atau pemanasan pada earphone yang baru Kamu beli. Tujuannya adalah membuat kualitas suara yang dikeluarkan oleh earphone semakin baik.

Pada saat pertama kali digunakan, karet pada earphone masih menempel dengan sangat kuat. Keadaan seperti ini akan memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Proses burn in akan membuat magnet dan karet menjadi sedikit lentur sehingga earphone murah berkualitas yang Kamu beli akan semakin gahar.

Cara mudah melakukan burn ini adalah dengan menggunakan earphone memutar musik selama 20 jam dengan suara sedang. Selama proses ini, suara yang dikeluarkan akan berubah-ubah dan akan menjadi semakin baik.

Nah inilah pembahasan kita kali ini sobat SmartTeknoKu, semoga pembahasan yang singkat ini menambah wawasan sobat semua. Jika pembahasan di atas menambah informasi bagi sobat saya mohon bantuan untuk share atau sobat SmartTeknoKu bisa berlangganan melalui email, silakan sobat isikan email di bagian bawah blog ini. Salam hangat dan sukses selalu. 

0 Response to "Tips Membeli Earphone Murah Berkualitas"

Posting Komentar