Cara Membersihkan Lensa Kamera dengan Aman

Cara Membersihkan Lensa Kamera dengan Aman - Lensa merupakan satu bagian penting dalam sebuah kamera. Bagian ini biasanya paling sensitif dengan kotoran atau debu. Bila bagian ini kotor maka akan sangat berpengaruh pada hasil foto yang diambil. Maka dari itu perlu cara membersihkan lensa kamera yang benar.

Hal yang paling sering terjadi adalah kamera kotor diakibatkan oleh kurang pahamnya pengguna kamera. Terkadang pengguna mengelap atau menyentuh bagian lensa dengan jari tangan. Sehingga hal ini bisa menjadikan lensa semakin kotor. Maka dari itu, berikut ini disajikan cara membersihkan lensa kamera dengan aman untuk Anda.



Melakukan persiapan sebelum lanjut pada cara membersihkan lensa kamera

Sebelum Anda membersihkan lensa kamera, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Termasuk mempersiapkan ruangan yang bersih dan tidak berantakan sebaagi tempat membersihkan lensa kamera. Selain itu, ruangan sebaiknya dalam keadaan terang, tersedia meja kerja juga. Fungsi meja ini untuk meletakkan semua perlengkapan kamera dan alat pembersihnya.

Cara membersihkan lensa kamera ini pun tidak boleh sembarangan. Harus menggunakan peralatan yang benar yaitu blower, sensor clean, cutton bud, lens pen, swab, lens tissue, serta cairan pembersih optik.

Cara membersihkan lensa kamera dengan peralatan yang benar
Setelah ruangan serta perlengkapan membersihkan kamera dipersiapkan. Maka kita dapat melakukan proses pembersihan lensa dengan beberapa langkah berikut ini.

1. Melepas filter kamera yang terpasang pada lensa

Cara membersihkan lensa kamera yang pertama kali harus Anda lakukan adalah melepas lensa dari tubuh kamera. Akan tetapi jangan sampai lupa menutup bagian tubuh kamera termasuk bagian belakangnya. Hal ini untuk menghindari terkena debu, kemudian simpan body kamera pada tempat yang aman.

Jangan lupa untuk melepas lens hood bila lensa kamera DSLR Anda menggunakannya. Lakukan pembersihan pada lensa atau lens hoodnya terlebih dahulu, tidak masalah. Jangan lupa memasang kembali lens hood pada bagian lensa.

2. Tidak sembarangan menghilangkan debu pada lensa

Cara membersihkan lensa kamera haruslah dengan teknik yang benar. Jangan sembarangan membersihkan debu yang menempel. Bukan malah bersih, malah lensa bisa tergores nantinya.
Cara membersihkan debu yang benar adalah dengan cara ditiup terlebih dahulu. Bisa Anda gunakan blower khusus pembersih kamera untuk meniup debu tersebut. selain itu, juga dapat Anda pakai kuas atau lens pen untuk membersihkan kaca serta body lensa pada kamera Anda.

3. Menggunakan kain microfiber

Seusai kita membersihkan lensa kamera dengan blower serta kuas. Cara membersihkan lensa kamera selanjutnya adalah dengan menggunakan kain microfiber. Mulai dari kaca lensa terlebih dahulu, baru bagian body kamera.

Mengapa demikian? Hal ini dilakukan agar kotoran yang menempel pada kain tidak menempel pada kaca lensa dan berakibat pada munculnya goresan.

4. Menggunakan cairan pembersih lensa

Cara membersihkan lensa kamera berikutnya yaitu dengan menggunakan cairan pembersih lensa. Caranya dengan meneteskan cairan tersebut pada kain microfiber dan gunakan untuk membersihkan bagian permukaan lensa kamera. Lakukan dengan gerakan memutar. Jangan pernah sekalipun langsung meneteskan cairan pembersih tersebut secara langsung pada lensa ya.

5. Menggunakan peralatan yang benar

Cara membersihkan lensa kamera yang terakhir harus diperhatikan adalah pergunakan alat yang tepat dan benar. Sebab penggunaan peralatan yang salah justru akan mengakibatkan lensa kamera Anda tergores makin parah. Biasanya sebagian orang karena tergesa-gesa maka digunakanlah kain asal-asalan. Jangan lakukan hal tersebut ya, jika tidak ingin alami masalah yang lebih parah dengan kamera.

Intinya selalu lakukan cara membersihkan lensa kamera yang benar. Pergunakan juga peralatan yang benar. Sebab sudah banyak dijual di toko semua peralatan khusus pembersih kamera. Cara membersihkan lensa kamera dengan benar tentu membuat kamera Anda tetap awet terjaga.

0 Response to "Cara Membersihkan Lensa Kamera dengan Aman"

Posting Komentar