Tips Penting Dalam Memilih Netbook Murah Namun Berkualitas

Saat ini banyak sekali bermunculan merk-merk netbook dengan harga dan kualitas bersaing. Pada awal kemunculannya, netbook tidak terlalu dilirik sebab harganya yang tidak beda jauh dengan laptop. Sehingga kebanyakan orang akan memilih membeli laptop dengan menambah sedikit uang daripada harus membeli netbook.

Namun kini seiring dengan berkembangnya teknologi, dan menjamurnya berbagai vendor yang berlomba-lomba mengeluarkan netbook murah, maka netbok mulai banyak peminatnya. Karena selain lebih praktis di bawa ke mana-mana, sebab bentuknya yang lumayan kecil, juga karena saat ini sudah banyak peningkatan pada spesifikasi netbook. Misalnya pada hardisk dan ram nya.



4 Hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih netbook murah

1.    Ukuran layar
Ukuran layar netbook Anda otomatis akan mempengaruhi besar kecilnya netbook yang akan Anda gunakan, dan ini berpengaruh pada berat netbook yang akan Anda bawa kemana-mana. Jika Anda tidak mengerjakan pekerjaan yang rumit dengan detail yang kecil, maupun pekerjaan yang membutuhkan banyak ruangan di layar Anda, seperti misalnya multimedia, maka Anda bisa memilih netbook dengan ukuran 8-9 inci.

Sedangkan jika Anda menginginkan sedikit kebebasan dalam melihat layar netbook Anda, namun disaat yang bersamaan Anda tidak ingin memiliki netbook yang terlalu besar, maka ukuran layar 10-12 inci adalah yang paling bagus untuk Anda. Ukuran ini tidak membuat mata Anda mudah lelah dan dari sisi bentuknya pun sangat ideal.

2.    Kapasitas baterai
Hal ini penting diperhatikan karena akan sangat berpengaruh dengan kinerja Anda diluar ruangan dimana tidak ada sumber listrik untuk mengisi daya baterai. Pastikan netbook yang akan Anda pilih berdaya baterai 6 celalaupun hal ini juga berpengaruh pada harga netbook itu sendiri, namun baterai kapasitas ini biasanya dapat bertahan hingga 6-9 jam untuk pemakaian diluar ruangan yang tidak ada sumber daya listriknya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika Anda ingin menyelesaikan pekerjaan Anda diluar ruangan.

3.    Ukuran keyboard
Ukuran layar yang Anda pilih pada tips pertama, selain mempengaruhi berat dari netbook itu sendiri, juga mempengaruhi ukuran dari keyboardnya. Ada baiknya jika Anda memastikan bahwa Anda merasa nyaman dan lega ketika mengetik menggunakan keyboard tersebut. Kenyamanan dalam mengetik juga sangat penting karena jika ukuran keyboard terlalu kecil maka tangan Anda akan mudah lelah dan dapat menyebabkan kram pada bagian tangan tertentu.

4.    Kapasitas prosesor
Kekuatan prosesor sebuah komputer dihitung berdasarkan ghz, jadi sebaiknya pastikan dahulu bahwa netbook yang akan Anda beli memiliki angka ghz yang mumpuni. Sebagai standar, sebaiknya Anda memilihi prosesor dengan kapasitas minimal 1.6 ghz. Jika Anda mengerjakan pekerjaan yang berat dan membutuhkan kecepatan yang lebih, lebih baik jika Anda memilih netbook dengan prosesor 2 ghz, namun tentunya dengan harga yang tidak murah, namun sebanding dengan kemampuan yang ditawarkan.

5.    Ram dan kapasitas penyimpanan
Ram menentukan seberapa cepat software atau aplikasi netbook Anda bekerja. Semakin besar ram yang dimiliki netbook, maka akan semakin cepat software maupun aplikasi yang Anda jalankan untuk memproses perintah Anda. Sedangkan kapasitas penyimpanan, atau lebih sering disebut harddisk, merupakan ruang penyimpanan yang digunakan sistem operasi netbook Anda untuk menyimpan file sistem dan file yang Anda miliki.

Disarankan untuk memilih harddisk jenis hdd dimana tipe menawarkan kecepatan transfer data dan kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan ssd.

Hal penting yang juga perlu Anda ingat adalah, pastikan netbook murah yang menjadi pilihan Anda dilengkapi dengan garansi resmi. Agar bila sewaktu-waktu ada masalah, Anda tidak repot.


0 Response to "Tips Penting Dalam Memilih Netbook Murah Namun Berkualitas"

Posting Komentar