Tips Memilih Printer Yang Bagus

Tips Memilih Printer Yang Bagus - Printer yang bagus memiliki ketahanan dan masa waktu penggunaan yang panjang jika dibandingkan dengan printer yang tidak berkualitas. Hasil cetakan yang dihasilkan pun tentu lebih baik. Namun dalam memilih printer yang bagus Anda memerlukan trik dan tipsnya. Sebab saat ini printer hadir dengan berbagai merk dan jenis. Sehingga akan mempersulit memilihnya. 



Perbandingan 3 Merk Printer Yang Bagus (Canon, Epson Dan HP)

Printer memiliki aneka jenis dan merk. Semua jenis printer hebat dalam bidangnya sendiri-sendiri. Ada printer yang dirancang khusus untuk mencetak foto namun tidak unggul ketika mencetak tulisan hitam putih. Begitu pula sebaliknya. 

Terdapat 3 merk printer yang bagus yang dibandingkan pada bahasan kali ini, di antaranya.

1. Lihat Hasil Cetakannya
Merk printer seperti Canon, HP serta Epson mempunyai hasil cetakan yang tidak sama. Namun untuk kualitas cetakan yang berbau warna seperti foto, printer dengan merk Epson lebih unggul di antara keduanya. Untuk hasil cetak warna posisi pertama ditempati oleh Epson, kedua Canon dan terakhir HP.

Sedangkan untuk printer yang bagus dengan hasil cetakan hitam putih tempat pertama ialah Canon, Kedua Epson barulah HP. 

2. Tinjau Kecepatannya
Printer dengan merk Canon memiliki keunggulan dalam segi kecepatan jika dibandingkan dengan HP serta Epson. Canon memiliki kecepatan 48 ppm, Epson 27 ppm serta HP 12 ppm. 

3. Keawetan
Printer yang bagus harus memiliki masa guna yang awet dan terbilang lama. Antara ketiga printer Canon, Epson dan HP yang paling awet dan tahan lama ialah Epson. 

4. Harga
Seringkali harga digunakan sebagai patokan untuk membeli suatu barang, tak terkecuali printer. Sebelum membeli printer yang bagus, Anda perlu memastikan berapa harganya dan bagaimana spesifikasinya. Ini akan membuat Anda untuk menghindari membeli printer yang mengecewakan. 

Dari ketiga printer yakni Canon, Epson dan HP yang paling mahal dialah Epson. Harga dari merk tersebut memiliki nominal yang lebih tinggi daripada Canon dan HP. 

Tips Memilih Printer Yang Bagus Dan Awet

Umumnya, sebuah printer yang bagus akan dilengkapi dengan fitur-fitur yang berkualitas seperti.

Fitur cetak foto berwarna yang berukuran besar
Dapat mencetak dengan cepat pada bagian laser jet printer
Adanya fasilitas pemindaian atau scanning dokumen
Terdapat printer wireless dan printer portable
Mini Printer untuk ukuran kertas yang kurang dari A4

Anda dapat membeli printer dengan tips berikut.

1. Pilih printer yang sesuai dengan kebutuhan.

Apabila Anda hanya menggunakan printer untuk cetak dokumen word atau excel biasa, dan dalam jumlah yang sedikit, maka pilihlah deskjet dengan cardritge saja. Jenis printer yang demikian lebih awet dan perawatannya mudah. Tetapi jika Anda ingin printer yang multifungsi, tipe laser dengan tinta berwarna dapat dijadikan pilihan. 

2. Sebaiknya beli printer dengan keadaan baru

Printer merupakan salah satu benda yang mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Jika Anda membelinya dalam keadaan bekas, belum tentu kualitasnya bagus. Printer tidak selalu memiliki harga yang mahal, tergantung spesifikasi dan kemampuannya. Anda bisa mendapatkan printer murah dengan kualitas yang bagus. 


Printer yang bagus dapat Anda peroleh dengan mengetahui spefisikasinya. Jika penjualnya tidak keberatan, Anda dapat terlebih dulu menguji printer sebelum memutuskan untuk membelinya. Ini akan membantu Anda dalam membeli printer yang berkualitas.

baca juga :

4 Solusi Jitu Mengatasi Smartphone Tak Mau Nge-Charger

1 Response to "Tips Memilih Printer Yang Bagus"