6 Tips Memotret foto HDR dengan Smartphone


SmartTeknoku. Mata manusia adalah kamera terbaik di dunia. Mata bisa membedakan dengan jelas,kontras objek di atas gunung yang cerah, hingga objek dibawah bayangan pepohonan. Padahal, masing-masing kondisi  memilki tingkat kontras dan level warna yang sangat berbeda.hal itu tak bisa di deteksi secara sekaligus oleh sensor kamera sebagus apapun. Jika kamera mengukur cahaya pada objek di atas gunung, maka objek pepohonan akan berwarna gelap. Sebaliknya , jika kamera mengukur cahaya pada objek di bawah pepohonan, akan di dapat cahaya berlebihan pada objek di atas gunung.

Kini, hal itu bisa diatasi dengan fitur kamera smartphone bernama HDR (High Dynamic Range). Hgh dynamic range ini merupakan rentang kemampuan kamera dala merekam tingkat kontras sebuah objek. Fitur HDR ini mampu merekam rentang kontras dari variasi objek dengan banyak cara. Dengan HDR, beberapa foto direkam dengan kontras dan tone warna yang bervariasi. Lalu bebarap foto digabungkan menjadi sebuah foto yng menampilkan objek dengan fariasi beragam. Tak heran jika fitur HDR ini diaktifkan, proses pengambilan foto memakan waktu lebih lama. Berikut ini beberapa tips memotret foto HDR di kamera Smartphone.

    1.  Pakai tripod. Beberapa foto akan digabung menjadi satu, sehigga kamera jangan sampai goyang. Maka pakai tripod agar stabil. Jika tidak ada, sandarkan ponsel di tempat yang stabil atau topang siku tangan ke badan.pakai juga timer kamera agar kamera tak goyang saat menekan tombol shutter.

     2. Gunakan fitur bracketing jika ada, yang bisa menghasilkan bebarapa foto dengan kecepatan bervariasi. Dengan fitur ini, kamera bisa menaik turunkan angka exposure dengan cepat.

    3. Fokus ke objek. Pastikan objek terfokus dengan benar sebelum mengambil foto, dengan menetapkan titik autofokus sesuai keinginan.

    4. Hindarkan objek bergerak. fitur HDR akan merekam beberap foto dan dijadikan satu. Jika ada objek bergerak di depan objek utama maka hasil akhir bisa berantakan.

    5. Aktifkan HDR. Fitur HDR harus diaktifkan jika ingin dipakai. Harap sabar setelah tombol kamera ditekan , karena kamera akan merekam dalam waktu lebih lama dari biasanya. Begitu pula saat menyimpannya, juga perlu waktu yang panjang

 6. Simpan foto asli. Di smartphone ada pengaturan untuk tetap menyimpan foto asli sebelum diterapkan fitur HDR. Hal ini 

Demikianlah 6 tips memotret  foto HDR dengan smartphone. coba anda praktekan dan lihat hasil dari foto HDR smartphone pastinya cukup memuaskan bagi anda. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

0 Response to "6 Tips Memotret foto HDR dengan Smartphone"

Posting Komentar